6 Tips Langkah Cara Membuat Presentasi PowerPoint makalah hasil penelitian? - seperti skripsi, karya tulis ilmiah, dan jurnal

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

Bagaimana cara membuat presentasi PowerPoint dari makalah hasil penelitian?



Presentasi dapat didasarkan pada penelitian yang sedang berlangsung, pekerjaan yang belum selesai, atau konsep lengkap makalah penelitian. Presentasi akademis adalah semacam iklan untuk makalah daripada upaya untuk menyajikan semua informasi dalam makalah. Anda perlu fokus pada apa yang penting, menyoroti hasil dan hasil yang berani adalah kuncinya di sini. Format di bawah ini adalah desain yang sangat mendasar yang menunjukkan kepada Anda cara membuat presentasi PowerPoint dari makalah penelitian (skripsi, karya tulis ilmiah, jurnal) :

1. Pendahuluan (1 slide)

2. Pertanyaan Penelitian/Hipotesis (1 slide)

3. Tinjauan Pustaka/Teori (1 slide)

4. Metode & Pengumpulan Data (1 slide)

5. Penyajian/Temuan Data (3-5 slide)

6. Kesimpulan (1 slide)

Jelas, ini hanya pedoman umum. Namun penting bahwa Anda fokus pada temuan Anda, implikasi masa depan dari pekerjaan Anda dan keterbatasan karena merupakan potensi untuk penelitian masa depan. Selama metode presentasi dan bagian pengumpulan data harus dibuat singkat. Padahal, ini semua tergantung pada sifat pekerjaan.

6 Tips Langkah Cara Membuat Presentasi PowerPoint makalah hasil penelitian? - seperti skripsi, karya tulis ilmiah, dan jurnal

Untuk membuat presentasi dari makalah atau artikel full-length, Anda dapat menarik bagian terpenting dari artikel, berdasarkan daftar di atas atau berdasarkan subjudul di artikel Anda sendiri.


Untuk pendahuluan, Anda dapat menggunakan pendahuluan menarik yang sama dengan yang Anda gunakan dalam makalah Anda. Dalam presentasi PowerPoint, adalah ide yang baik untuk menemukan gambar yang menjelaskan tujuan penelitian Anda. Visual dianggap sebagai alat yang sangat efektif untuk membuat audiens tetap tertarik dan untuk menyampaikan suatu poin.


Slide Anda berikutnya harus berisi pertanyaan penelitian Anda yang disebutkan dalam pendahuluan Anda juga.


Kemudian, luangkan tidak lebih dari satu menit untuk mengontekstualisasikan pertanyaan penelitian Anda dan proyek dalam literatur. Jangan membuat kesalahan dengan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk meninjau apa yang telah ditulis orang lain tentang topik Anda. Anda hanya ingin mengilustrasikan fakta bahwa pekerjaan Anda berkontribusi pada penelitian yang ada di lapangan. Orang-orang tidak datang ke konferensi untuk mendengar tinjauan literatur, mereka menginginkan informasi baru dan temuan yang menakjubkan. Mereka ingin melihat implikasi nyata dari temuan tersebut terhadap tantangan global yang dihadapi. Solusi praktis yang konkrit.


Pikirkan tentang pertanyaan yang mungkin diajukan orang seperti: kumpulan data apa yang Anda gunakan? Berapa banyak wawancara yang Anda lakukan? Berapa bulan observasi partisipan yang Anda selesaikan? Apa kerangka waktu untuk data? Pengamatan geografis. Berikan informasi yang cukup untuk memvalidasi temuan Anda untuk bagian metodologi.


Anda harus dapat melalui semua hal di atas dalam lima menit pertama sehingga Anda dapat menghabiskan waktu Anda sebanyak mungkin untuk berbagi detail yang kaya dari data dan analisis Anda sendiri. Jika Anda memiliki data etnografi, Anda dapat menceritakan satu cerita dari lapangan untuk setiap poin yang ingin Anda buat. Untuk data statistik, Anda dapat menyajikan tabel dengan temuan untuk setiap temuan yang ingin Anda soroti. Untuk data wawancara, Anda dapat menggunakan satu kutipan wawancara untuk setiap tema yang ingin Anda soroti.


Setelah Anda berani keluar temuan yang signifikan, Anda dapat meninggalkan satu atau dua menit untuk kesimpulan Anda. Sekali lagi pastikan Anda menggunakan visual, format cerita, studi kasus, kutipan, bahkan video untuk menjelaskan hasil Anda agar sangat menarik bagi penonton.


Saat Anda membuat setiap slide, ingatlah untuk meletakkan beberapa kata di setiap slide, dan letakkan gambar di setiap slide untuk menyampaikan poin Anda secara visual. 

Alhamdulillah selesai, Terimakasih informasi singkat yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat.


اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ



Admin

Blogger, Youtuber, Businessman

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama