Macam-macam Asurani Beserta Fungsinya

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

Macam Asuransi – Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan dan perusahaan yang memberikan perlindungan finansial atau kompensasi untuk kehidupan, kesehatan, properti, dan sebagainya dalam kasus kejadian yang tidak terduga seperti kematian, cedera, kehilangan, atau penyakit dengan imbalan pembayaran premi berkala yang dilakukan atas suatu periode waktu tertentu.

Macam Asuransi

Tujuan utama dari asuransi ini adalah untuk memfasilitasi pemindahan risiko dari tertanggung kepada penanggung. Meskipun tertanggung masih rentan terhadap kerugian, mereka memiliki stabilitas keuangan dan ketenangan pikiran berkat perusahaan asuransi. Sebagai gantinya, tertanggung membayar premi yang dapat diabaikan dibandingkan dengan kerugian yang bisa dia alami. Demikian pula, ada berbagai variasi cakupan ini untuk memenuhi berbagai situasi. Berikut macam asuransi yang di antaranya adalah :

1. Asuransi Mobil (Kendaraan)

Asuransi kendaraan adalah yang pertama. Karena jumlah mobil di jalan terus meningkat, tampaknya alasan bahwa asuransi untuk mobil juga akan meningkat popularitasnya. Pada 2013, misalnya, ada lebih dari 105 juta mobil operasional. Hal ini terutama berlaku untuk pusat kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Yogyakarta, dan lain-lain. Khususnya di daerah rawan kecelakaan, pengemudi wajib memiliki asuransi kendaraan.

2. Asuransi Kesehatan

Topik pertanggungan medis berikutnya. Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah familiar dengan rencana asuransi kesehatan ini, karena biasanya termasuk dalam paket asuransi yang sangat konservatif. Jika Anda pernah sakit dan membutuhkan perawatan di rumah sakit, asuransi kesehatan ini akan ada untuk membantu menutupi biaya. Asuransi kesehatan, dengan demikian, menawarkan berbagai macam rencana. Beberapa penyedia asuransi menggunakan sistem "kartu ajaib" di mana saat Anda menunjukkan kartu Anda di rumah sakit, seluruh biaya menginap Anda akan segera diganti.

3. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi jiwa ini masih sama dengan jenis asuransi kesehatan ini. Jenis asuransi jiwa ini juga merupakan jenis asuransi yang paling populer di Indonesia. Meski sebagian besar masyarakat yang membeli polis ini adalah kalangan menengah ke atas, namun jumlah masyarakat yang membeli polis ini semakin meningkat setiap tahunnya. Asuransi jiwa sering digunakan sebagai warisan di Indonesia. Asuransi ini berguna ketika orang yang membelinya meninggal dunia. Dan karena perusahaan asuransi saling bersaing, produk asuransi jiwa ini digabungkan dengan produk investasi yang semakin banyak.

Macam Asuransi Di Indonesia

4. Asuransi Properti (Rumah)

Asuransi rumah atau properti marupakan jenis asuransi untuk perlindungan rumah, gedung, ruko, perkantoran, hotel dan semacamnya. Jenis asuransi rumah atau properti ini bertujuan untuk memproteksi properti yang diasuransikan dari beberapa kerugian bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran maupun hal lain yang menyebabkan kerusakan rumah. Hingga sekarang ini, jenis asuransi ini juga dapat dibilang lumayan laris terlebih di daerah yang padat penduduk dan juga sangat rawan kebakaran.

5. Asuransi Perjalanan

Bila anda sering traveling maupun bepergian jauh dengan tujuan hanya untuk berlibur, maka anda ini seharusnya sudah akrab dengan namanya produk asuransi yang satu ini. Asuransi perjalanan ini jugat sangat bermanfaat pada saat anda berpergian jauh. Banyak sekali keuntungan yang bisa di manfaatkan misalnya seperti ganti rugi atas bagasi anda yang hilang, selain itu kerugian atas keterlambatan jadwal penerbangan sampai biaya pengobatan bila anda mendadak sakit pada saat di negara tujuan anda.

6. Asuransi Pendidikan

Jenis asuransi pendidikan ini juga mulai populer pada beberapa tahun terakhir ini. Asuransi pendidikan ini pada umumnya laris bagi kalangan keluarga yang misalnya baru terbentuk. Asuransi pendidikan ini juga sangat bermanfaat bagi anda semua dalam menjawab tingginya biaya pendidikan sekarang dan juga dimasa yang akan datang. Dan dengan tabungan pendidikan, orang tua juga bisa melindungi nilai aset yang mereka punyai pada inflasi sehingga tabungan ini tidak langsung amblas dalam mencukupi keerluan pendidikan bagi si anak.

Macam Asuransi Di Indonesia

7. Asuransi Kecelakaan

Selanjutnya ialah asuransi kecelakaan yang merupakan asuransi yang memberi santunan pada kematian, cacat total serta biaya pengobatan yang dikarenakan oleh risiko yang diakibatkan oleh kecelakaan yang tidak disengaja. Adapun jenis asuransi kecelakaan ini terkadang kerap diberi oleh perusahaan pada setiap karyawannya.

8. Asuransi Syariah

Dengan mayoritas penduduk Indonesia yang muslim, jenis asuransi syariah ini juga kian berkembang di negara Indonesia. Adapun pengelolaan risiko terhadap asuransi syariah ini pada dasarnya memang dilandasi oleh prinsip sharing of risk di antara para peserta. Terlebih dasar dari Asuransi Syariah ini juga sudah diatur oleh DSN atau Dewan SyariahNasional serta Majelis Ulama Indonesia atau MUI sebagai usaha saling melindungi dan juga tolong menolong antara sejumlah orang lewat investasi dalam bentuk aset dan atau tab yang baru yang memberi pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu lewat akad yang sesuai dengan syariah. Pun demikian, walaupun tergolong sebagai produk yang masih sangat baru, asuransi syariah ini juga sudah banyak dikembangkan oleh perusahaan asuransi yang ada di lokal ataupun internasional yang bergerak di negara Indonesia.

Macam Asuransi Di Indonesia
9. Asuransi Unit Link

Asuransi unit link ini adalah asuransi non tradisional yang mempunyai konsep dua kantong. Yang mana dua kantong ini untuk proteksi dan juga kantung untuk investasi. Uang premi yang telah dibayarkan sebagian ini di pakai untuk membayar proteksi dan yang sebagian lagi di tempatkan untuk reksa dana di dalam bentuk unit link. Adapun produk ini juga lumayan rumit dan tidak mudah untuk dipahami sebab produk ini juga sangat erat kaitannya dengan pasar modal yang naik ataupun turun.

10. Asuransi Asset Lain-lain

Ketika datang untuk menambahkan produk asuransi baru, perusahaan asuransi semakin pintar. Secara teori, asuransi dapat melindungi segala sesuatu yang memiliki nilai atau bernilai sesuatu. Maka, perusahaan-perusahaan asuransi ini pun saling bersaing untuk membuat produk asuransi yang mencakup segala hal mulai dari hal sehari-hari hingga hal yang tidak biasa. Aset berwujud adalah hal-hal yang dapat dilihat, seperti mobil, rumah, dan hewan. Aset tidak berwujud adalah hal-hal yang tidak dapat dilihat, seperti keterampilan seorang dokter, wirausahawan, atau montir, antara lain.

Demikian artikel tentang macam-macam asuransi. Jika Anda membaca artikel di atas, Anda seharusnya memiliki pemahaman yang lebih baik tentang asuransi. Semoga bisa membantu kalian semua, terutama kalian semua yang sedang membaca ini.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Admin

Blogger, Youtuber, Businessman

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama